TRIBRATA NEWS POLRES BANDUNG

  • Berita Terbaru

    Tuesday, April 24, 2018

    Longsor di Kampung Gunung Bubut Leweung Datar, Masyarkat Sekitar Mengungsi ke Pesantren

     Tribrata News Polres Bandung _ Longsor yang terjadi beberap waktu yang lalu yang terjadi di Kampung Gunung Bubut Leweung Datar Rt 05, Rw 06, Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung. Selasa ( 24-04-2018).

    “Cek Retakan dan Longsoran Tanah”. Ujar Aiptu Sugeng

    Pengecekan lokasi longsor di lakukan oleh  Bhabinkamtibmas, Babinsa, Dinas BPBD Kabupaten Bandung dipimpin Asep Mista. Kanit Pol PP Kecamatan Cangkuang Asep Tatang, Kades Bandasari, Ketua Rw 05 Kampung Leweungdatar Desa Bandasari, Tokoh dan warga masyarakat setempat.

    Lanjut Aiptu Sugeng, longsoran tanah yang diawali dengan bunyi ledakan, selanjutnya Bhabinkamtibma, Babinsa dan Kepala desa berikut Kanit Pol PP Kecamatan Cangkuang meluncur dan mengecek ke lokasi terjadinya longsoran tanah tersebut.

    Menurutnya hasil dari pengecekan dilokasi longsoran didapati, daerah tersebut berada di dataran tinggi yang dikelilingi oleh perbukitan.

    “Longsoran terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi beberapa saat lalu sehingga tanah tidak dapat menampung dan menahan derasnya air hujan sehingga terjadi longsor.


    Adapun ketinggian tebing yang longsor lebih kurang 50 M dari dasar tanah dan longsoran mengalir  sepanjang lebih kurang 100 Meter  menuju perkampungan warga yang dihuni oleh lebih kurang 56 jiwa, sebanyak 14 Kepala Keluarga. Adapun jarak antara tebing yang longsor dengan permukiman warga tersebut lebih kurang 300 meter.

    Atas kejadian tersebut  warga mengungsi ke Pesantren yang berada tidak jauh dari lokasi longsoran dan berlokasi diatas perkampungan tersebut.

    Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kab.Bandung menjelaskan, bahwa lokasi tersebut harus benar-benar steril dimungkinkan apabila hujan turun tanah perbukitan tersebut akan runtuh dan mengakibatkan longsoran ke perkampungan tersebut karena aliran longsoran berada tepat di atas perkampungan tersebut.

    Setelah dilakukan pengecekan dari pihak BPBD Kabupaten Bandung beserta Bhabinkamtibmas Babinsa, Kanit Pol PP dan Kepala desa Bandasari, selanjutnya masyarakat di Perkampungan tersebut segera mengungsi ke lokasi yang sudah ditentukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi hujan di malam hari.

    “Tidak ada Korban Jiwa dalam Kejadian tersebut. Pungkasnya




    Penulis: Polsek Banjaran 
    Sumber: Polsek Banjaran 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Longsor di Kampung Gunung Bubut Leweung Datar, Masyarkat Sekitar Mengungsi ke Pesantren Rating: 5 Reviewed By: http://www.tribratanews-polresbandung.com/
    Scroll to Top