TRIBRATA NEWS POLRES BANDUNG

  • Berita Terbaru

    Thursday, November 1, 2018

    Pagelaran Pasanggiri Pencak Silat Se - Kecamatan Ciwidey

    Tribrata News Polres Bandung - "Pembinaan dan berbagai upayanya perlu dibantu oleh seluruh pihak terkait, baik melalui event lomba maupun event yang lain," tegas Haji Utoh saat membuka Festival Pasanggiri Pencak Silat yang dilaksanakan di TAKOCI ( Taman Kota Ciwidey ) , Jumat (02/11/2018).

    Dalam kegiatan tersebut, ratusan pegiat pencak silat di Ciwidey. Sejumlah kader pencak silat usia muda terlihat antusias mengikuti acara ini.

    Sebanyak 24 Paguron Pencak Silat se- Kecamatan Ciwidey akan bertanding dalam berbagai kategori. Diantaranya penampilan perorangan (putera/puteri) usia 9-12 tahun, penampilan berpasangan (Putera/puteri) usia 14-17 tahun, penampilan berkelompok usia 9-12 tahun dan penampilan perorangan sesepuh (putera/puteri) usia 50 tahun ke atas.

    Pak haji Tohrim Sudrajat selaku tokoh kebudayaan sekaligus anggota BPD menjelaskan, seni tradisional pencak silat saat ini keberadaannya semakin terancam. Imbas globalisasi mengarahkan opini kawula muda lebih memilih dan bangga terhadap budaya luar yang tidak mencerminkan budaya bangsa kita

    "Sedangkan bangsa lain justru banyak yang tertarik dengan budaya bangsa Indonesia," ujar panitia pasanggiri.

    Padahal budaya bangsa kita khususnya budaya sunda Jawa Barat, sambungnya, mempunyai nilai-nilai yang sangat luhur. Didalamnya terkandung nilai-nilai falsafah hidup bangsa dan negara.

    "Pencak silat penuh dengan idealisme dan menjadi salah satu potensi serta asset devisa yang dapat menjadi income wisata bagi negara, dan terbukti jelas di Ajang perhelatan besar kemarin ASIAN GAMES cabang olahraga pencaksilat mendapatkan medali emas terbanyak" imbuh Kapolsek Ciwidey.

    Dalam kesempatan itu, BRIPKA Asep Hadian mengingatkan akan pentingnya upaya pelestarian seni beladiri tradisional seperti pencak silat ini. Semua pihak harus ikut serta memperhatikan dan mendukung berbagai event yang ada.

    Seperti kali ini, Pasanggiri pencak silat diselenggarakan di Ciwidey, Lebih menggembirakan lagi, event ini melibatkan peserta didik diberbagai tingkatan sekolah dan kelompok umur.

    "Kita tentu sepakat bahwa pelajar adalah sebagai tunas harapan bangsa sekaligus sasaran kaderisasi yang sangat tepat," kata pengurus paguyuban pencak silat.

    "Kapolsek Ciwidey berharap,melalui pelaksanaan pasanggiri pencak silat ini, animo dan minat untuk mempelajari dan menggeluti ilmu beladiri pencak silat, khususnya di kalangan pelajar akan semakin meningkat,Sehingga pencak silat dapat terus lestari di kalangan generasi muda penerus bangsa ini," tandas Kapolsek Ciwidey AKP Dwi Nugroho Saputro, S.IK


    Penulis: Polsek CIwidey
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pagelaran Pasanggiri Pencak Silat Se - Kecamatan Ciwidey Rating: 5 Reviewed By: Tribratanews Bandung
    Scroll to Top