TRIBRATA NEWS POLRES BANDUNG

  • Berita Terbaru

    Tuesday, January 29, 2019

    Optimalisasi Peranan Bhabinkamtibmas Dalam Mengawasi Pengelolaan Dana Desa Demi Terwujudnya Percepatan Pembangunan di Desa yang Efektif, Efisien, dan Akuntabel

    Tribrata News Polres Bandung - Polsek Ciwidey dalam menyikapi atensi dari satuan atas dalam langkah penanganan dalam permasalahan dana desa, pada 20 Oktober 2017, Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Sandjojo bersama Mentri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kapolri Jendral Tito Karnavian menandatangani Memorandum of Understanding  ( MoU ) atau nota kesepahaman tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan masalah dana desa. MoU itu mengatur bahwa pelibatan aparat kepolisian dirasakan diperlukan.

    Unsur Polri yang dilibatkan adalah Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) hingga Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) harua ikut andil dalam pengawasan dan penanganan dana desa ini.

    Kesepakatan itu mengansumsi bahwa aparat itu mengasumsikan bahwa aparat terkecil Polri yaitu  Bhabinkamtibmas akan menjadi ujung tombak pengawasan disetiap desa. Permasalahannya, Polri sendiri belum mampu mencukupi rasio ketwrwakilan aparatnya disetiap desa untuk 1 Bhabinkamtibmas untuk 1 desa.

    Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, SH bersama Camat Ciwidey Karyadi, R.A, A.P, M.SI dengan Danramil Ciwidey 0914 Kapten Inf. Rukhimin membuka pintu komunikasi untuk pemerintah desa. Komunikasi ini terkait pemanfaatan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Langkah itu sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadi penyelewengan maupun tindak pidana korupsi, selasa (29/01/2019).

    Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, SH mengatakan, anggaran dana desa yang rata-rata mencapai hampir Rp 1 miliar desa harus mendapat perhatian serius oleh seluruh pihak, utamanya pada proses penggunaannya. Turut pula yang hadir dalam acara sosialisasi dana desa ini diantaranya adalah Yang hadir kepala desa sekec. Ciwidey, Densus, Kabid PEM kab. Bansung, panwas kec. Ciwidey, PPK, PKH, MUSPIKA Kec. Ciwidey, puskesmas, bumdes, kepala UPT sekec. Ciwidey.

    "Kami bersinergi dengan pemerintah kecamatan dan desa untuk membuat kesepakatan dalam proses pengawasan. Dalam hal ini kami juga melakukan edukasi kepada para perangkat dan kepala desa terkait dengan hal-hal yang harus dihindari dalam memanfaatkan DD dan ADD," kata kapolsek, selasa (29/01/2019). 

    Pihaknya juga masih membuka ruang komunikasi tentang regulasi serta tata cara pemanfaatan dana desa yang aman, akuntabel dan tidak menyalahi aturan. 

    Dirinya memastikan tidak akan menakut-nakuti masing-masing pemerintah desa dalam proses pemanfaatan DD/ADD. Justru pihaknya akan bersinergi agar seluruh tahapan berjalan dengan lancar dan tidak melanggar ketentuan. 

    "Sehingga para Kepala Desa proporsional dalam menggunakannya, tidak fiktif. Kalau masih ada yang ragu dan kurang paham silakan untuk datang ke kantor kami. Kami siap untuk diajak konsultasi," ujarnya. 

    Sementara itu Camat Ciwidey, Karyadi menyambut baik, kerjasama tersebut. Pihaknya berharap para aparatur pemerintahan di tingkat desa tidak ada yang terjerat kasus hukum akibat penyelewengan DD/ADD. 

    Selain kepolisian, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan TNI untuk membantu proses pengawasan penggunaan dana desa. Bahkan Bhabinkamtibmas polsek pun harus ikut dalam pengawasan dan penyaluran dana desa serta harus ikut dalam musrenbang untuk sosialisasi terkait aturan yang harus ditaati oleh masing-masing desa. 

    "Teman-teman kepala desa sekarang memiliki platform komunikasi yang lebih baik kepada kepolisian. Pertama dikasih pembekalan, kemudian yang kedua ada jalur komunikasi yang lebih terstruktur dan profesional," ujarnya. 


    Lanjut Karyadi, selama beberapa tahun terakhir penggunaan dana desa di 6 desa di dinilai berjalan normal. Meski, ada sejumlah persoalan administratif yang membutuhkan penyesuaian.


    by Humas Polsek Ciwidey

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Optimalisasi Peranan Bhabinkamtibmas Dalam Mengawasi Pengelolaan Dana Desa Demi Terwujudnya Percepatan Pembangunan di Desa yang Efektif, Efisien, dan Akuntabel Rating: 5 Reviewed By: Tribratanews Bandung
    Scroll to Top