TRIBRATA NEWS POLRES BANDUNG

  • Berita Terbaru

    Saturday, April 25, 2020

    Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, SH Laksanakan Tugas Sebagai Perwira Pengawas (Pawas) Polresta Bandung Di Tengah Pandemi Covid-19

    Polsek Ciwidey - Di Tengah Pandemi Covid-19, Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, SH jalankan tugas sebagai Perwira Pengawas (Pawas) serta tetap melaksanakan apel serah terima piket fungsi di lapangan Markas Komando Polresta Bandung.

    Dalam apel serah terima ini anggota membentuk barisan saling berhadapan dengan petugas jaga baru dan lama. Seluruh piket dari tiap-tiap unit mengikuti jalannya prosesi ini, adapun fungsi dari apel serah terima tugas adalah, pelimpahan tanggung jawab anggota penjagaan dari petugas jaga lama kepada petugas jaga baru.

    Disamping itu piket lama akan menyampaikan kepada petugas baru, tentang kelengkapan barang inventaris, maupun menyampaikan kejadian-kejadian dan perkara yang ditangani oleh petugas jaga lama.

    Pada pelaksanaan apel serah terima piket penjagaan dan piket fungsi yang di pimpin pawas. Pesan dari Pawas agar seluruh anggota tetap meningkatkan disiplin jaga mako selain itu dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan dan pelindung masyarakat juga tetap tingkatkan guna memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

    Kemudian Pawas Polresta Bandung AKP Ivan melanjutkan dengan pengecekan layanan publik dan memperketat kebersihan diseluruh ruangan, kemudian secara langsung memeriksa ke ruang tahanan yang didampingi oleh Ka SPKT Polresta Bandung, dalam rangka antisipasi kemungkinan buruk terjadi pada penghuni tahanan. Sabtu (25/04/2020).

    Pengecekan ruang tahanan tersebut dilakukan dengan tujuan selain mengecek jumlah tahanan, mengecek kesehatan tahanan juga mengecek barang-barang yang berada di dalam ruang tahanan. Pelaksanaan pengecekan ruangan yang dihuni 135 tahanan, Pawas Polresta AKP Ivan Taufiq bersama piket jaga tahanan mengecek secara keseluruhan kondisi ruang tahanan. Dalam pengecekan langsung kepada penghuni tahanan, menanyakan tentang kondisi dan keadaan para tahanan.

    Pengecekan tahanan ini dilakukan untuk memantau secara langsung kondisi penghuni tahanan dan memeriksa kemungkinan kepemilikan barang-barang berbahaya. Jumlah tahanan keseluruhan 135 Orang terdiri dari 84 Orang Tahanan Polresta Bandung, Tahanan Titipan Kejaksaan 26 Orang dan 51 Orang Tahanan dari seluruh Polsek Jajaran Polresta Bandung dengan kondisi sehat.

    “Jika ada barang-barang yang bisa membahayakan jiwa para tahanan atau barang-barang yang bisa dipergunakan oleh tahanan sebagai sarana untuk kabur atau melarikan diri dari ruang tahanan, maka barang-barang tersebut langsung kami amankan, kemudian buku mutasi di isi sesuai dengan situasinya” ujar AKP Ivan.

    AKP Ivan memgatakan, tidak ada larangan bagi para pembesuk untuk melihat keluarganya didalam tahanan namun dengan adanya Virus Covid-19, sekarang para pembesuk dan tahanan akan diperiksa suhu tubuhnya menggunakan alat pengukur suhu tubuh demi keamanan dan kenyamanan bersama baik Polri maupun masyarakat.

    Lebih lanjut, AKP Ivan menjelaskan keluarga dan juga tahanan akan diberi jarak sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 diruang tahanan Mapolresta Bandung. Pawas AKP Ivan juga menyusuri beberapa ruang tahanan untuk memberikan imbauan kepada para tahanan, agar mereka lebih menjaga jarak pada saat keluarga atau temannya membesuk.

    “Jam besuk untuk para tahanan seperti biasa tidak ada perubahan, hanya saja terkait virus covid-19 ini kita akan lebih memperketat kebersihan terutaman mengecek suhu tubuh masyarakat yang ingin melihat keluarga nya, dan saya juga tadi mengecek beberapa suhu tubuh para tahanan, dan alhamdulilah rata-rata suhu tubuh mereka normal,” tutupnya.

    Sementara itu beberapa keluarga para tahanan mengatakan, tidak keberatan dengan adanya pemeriksaan suhu tubuh maupun pemeriksaan terhadap makanan yang nantinya akan di bawa kedalam untuk diberikan kepada keluarga nya.
    “Selagi kami masih bisa menjenguk keluarga kami di dalam kami bersukur dan tidak keberatan, kami juga merasa senang kalau nantinya pemeriksaan suhu tubuh terus dilakukan agar kami bisa tahu kondisi suhu tubuh kami berapa, ujar beberapa keluarga para tahanan.

    Kapolresta Bandung Kombespol Hendra Kurniawan S.I.K, melalui Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq SH, selaku Pawas Polresta pada hari ini mengatakan penjagaan mako maupun tahanan harus lebih ditingkatkan serta semua tahanan tetap memiliki hak dan peraturannya sesuai dengan SOP yang berlaku terlebih ditengah pandemi Covid-19 ini saat dikonfirmasi oleh Kasi Humas Polsek Ciwidey Bripka Ganda.

    Terakhir Pawas Polresta Bandung AKP Ivan menambahkan “Penjagaan Mako Polresta Bandung maupun penjagaan diruang tahanan harus selalu waspada, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan sebagai anggota Polri yang baik dalam melaksanakan tugas menjadi pelayan dan pelindung masyarakat juga tetap ditingkatkan terkait pelayanan guna memberikan yang terbaik dan optimal kepada masyarakat yang datang melapor ke Markas Polresta Bandung baik pembesuk maupun yang akan membuat laporan.” pungkas AKP Ivan.

    PID Promoter Humas Polsek Ciwidey
    Polresta Bandung Mantap
    Aman Terpuji Agamis Profesional
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, SH Laksanakan Tugas Sebagai Perwira Pengawas (Pawas) Polresta Bandung Di Tengah Pandemi Covid-19 Rating: 5 Reviewed By: http://www.tribratanews-polresbandung.com/
    Scroll to Top